Komunikasi Efektif Untuk Sukses

Semua bidang pekerjaan membutuhkan komunikasi yang baik. Artikel ini akan membahas tentang komunikasi efektif untuk sukses. Penting bagi kita yang memiliki tujuan sukses di segala bidang mampu berkomunikasi dengan baik serta bersifat efektif. Sebelum kita membahas tentang komunikasi efektif untuk sukses, mari kita bahas tentang 3 jenis komunikasi.

Komunikasi Agresif

Dilansir dari Alvernia University gaya komunikasi agresif ditekankan dengan berbicara dengan suara yang keras, mendominasi hingga penggunaan kontak mata yang intens.Ciri-ciri lain dari komunikator yang agresif adalah cara bicara yang mengilhami, suka menyuruh, serta tidak mampu mendengarkan pendapat orang lain.

Jenis manajer yang agresif, dalam pekerjaan sehari-hari cenderung untuk menekan dan memaksa anak buahnya. Selain karena bawaan pribadinya, dia juga merasa bahwa dia memiliki kekuatan atau kekuasaan yang lebih dari para anggota.

Dampak dari memiliki kebiasaan berkomunikasi yang agresif adalah:
  • Sulit untuk mendapatkan masukan dari orang lain, karena orang lain, apalagi anak buah, malas atau tidak berani untuk berbicara dengan dia
  • Ketika dia membutuhkan pendapat dari anggota, mereka cenderung tidak mau berkata jujur ​​karena takut dihakimi

Saat anda menghadapi seseorang yang berkomunikasi dengan agresif jangan mudah terpengaruh dan terpancing emosi. Tetaplah tenang dan tegas saat berbicara dengannya. Selain itu, jangan sampai emosimu tersulut karena terlalu lama berdebat dengannya.

Beberapa ahli mengemukakan pendapat bahwa dalam memulai karir yang baik membutuhkan bentuk komunikasi yang luwes. Komunikasi yang luwes merupakan perwujudan dari komunikasi efektif untuk sukses. Komunikasi efektif ialah komunikasi yang dapat menciptakan kondisi yang kondusif, mampu menyikasi situasi dan menerapkan sikap yang benar pada problem tertentu.

Nah, jika anda adalah seseorang dengan gaya komunikasi agresif sebaiknya mulai belajar cara komunikasi yang lebih tenang dan tidak mendominasi. Jika kebiasaan berbicara dengan agresif tersebut tidak segera dihilangkan tentunya akan meningkatkan kemampuan membangun hubungan yang baik dengan orang lain bahkan tidak dapat menciptakan komunikasi efektif untuk sukses.

Komunikasi Pasif

Sesuai dengan namanya, seseorang yang memiliki gaya komunikasi ini biasanya cukup pendiam. Seorang yang memiliki pola komunikasi pasif juga tidak menyukai debat dan merasa tidak perlu membagikan pendapatnya kepada orang lain. Jika anda menghadapi seseorang yang berkomunikasi secara pasif tentunya akan cukup kesulitan untuk memahaminya. Pasalnya, seseorang dengan pola komunkasi ini tidak pernah mengungkapkan perasaannya. Pada umumnya orang – orang yang memiliki pola komunikasi yang pasif adalah dari kalangan staff. Beberapa ciri-ciri dari seorang komunikator pasif misalnya,

  • Kesulitan mengatakan tidak
  • Kurang kontak mata saat berkomunikasi
  • Lebih suka meminta maaf

Komunikasi pasif bukan termasuk pola komunikasi yang tepat untuk seseorang yang memiliki tujuan sukses. Komunikasi efektif untuk sukses dapat diraih jika komunikatornya dapat dengan mudah menyampaikan ide, pendapat, dan arah pemikiran. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan saat menghadapi seseorang yang memiliki gaya komunikasi pasif. Misalnya dengan mengajaknya bicara secara pribadi. Mereka memang lebih nyaman berbicara dengan seseorang secara pribadi. Jadi, anda bisa melakukan hal yang satu ini. Selain itu, dorong mereka untuk memberikan tanggapan atau ide yang dimiliki. Jangan terburu-buru untuk meminta tanggapannya dan bersabarlah saat berbicara dengannya.

Namun bagaimana jika anda sendiri adalah seorang komunikator yang pasif? Maka, sangat penting bagimu untuk melatih kemampuan komunikasimu. Cari tahu seperti apa keadaan yang dapat merasakan lebih nyaman saat berbicara. Intinya, jangan pernah menyerah untuk mencoba berinteraksi dengan orang lain.

Komunikasi Asertif

Selanjutnya adalah gaya komunikasi yang ideal. Banyak para ahli yang merekomendasikan bentuk komunikasi ini. Gaya komunikasi asertif sebagai bentuk komunikasi yang paling karena mampu melakukan komunikasi yang terbuka dan tidak berlebihan. Komunikator asertif sangat tegas dan dapat mengungkapkan kebutuhan, ide, dan perasaannya sendiri. Meski begitu, mereka tetap mendengarkan pendapat orang lain dan tidak mendominasi.

Meskipun mereka tidak percaya saat berkomunikasi, tapi tahu batasannya sehingga tidak akan melakukan kesan agresif. Saat ingin menolak sesuatu, mereka juga berani menyampaikannya secara langsung namun dengan pola yang dapat dipahami dan tolerable. Jadi, saat berkreasi dengannya anda akan merasa lebih nyaman karena ketegasan yang membebani.  Meskipun dia adalah seorang manajer atau atasan, tapi dia akan melihat anak buahnya adalah sesama manusia, jadi dia memperlakukan mereka sejajar dengan dirinya sendiri.

Jika sedang berkomunikasi, dia akan berbicara sesuai dengan porsinya. Saat menghadapi masalah, termasuk dalam pekerjaan, dia akan selalu mencari jalan tengah atau win-win solution. Dia secara terbuka akan menyampaikan pendapatnya, namun juga mempersilakan orang lain untuk melakukannya, dan dia akan mendengarkan pujian orang lain sampai selesai.

Beberapa ciri dari komunikasi asertif di antaranya :
  • Kemampuannya berkolaborasi dengan orang lain dan berbagi ide
  • Mereka juga mampu menunjukkan empati dan mendengarkan pendapat dari orang lain.

Dari segi teknis penggunaan dan pelaksanaanya, kemampuan komunikasi asertif akan dapat memperbesar kemungkinan menciptakan komunikasi efektif untuk sukses.

Informasi Perkuliahan STIE Pemuda

STIE Pemuda Surabaya selalu membuka peluang bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan menjadi lulusan yang berbeda dari lainnya. Kami memberikan banyak sekali pelatihan, mendatangkan pakar baik dari luar dan dalam kampus. Hal ini bertujuan menuntut mahasiswa memiliki banyak keahlian di luar pendidikan formalnya. Memberikan kesempatan untuk aktif berorganisasi dan mengadakan banyak kegiatan seminar untuk lebih membuka wawasan berbisnis dan pengembangan diri. Bergabunglah bersama kami, STIE Pemuda Surabaya, Here, your career and business grow up.

Info lebih lanjut hubungi:

Telepon                  : (031) 502 999 7/502 999 8

WA                          : 085 608 169 688

Website                  : www.stiepemuda.ac.id

Instagram              : @stiepemuda.sby ( https://www.instagram.com/stiepemuda.sby/)

Facebook               : https://m.facebook.com/stiepemuda.sby/

Pinterest                : https://id.pinterest.com/stiepemuda/

[SHARE INFORMASI, STIE PEMUDA School Of Business dengan cara bagikan link https://www.stiepemuda.ac.id/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

[ Kunjungi, POLINDO INTERNASIONAL Kuliah Cepat Kerja & Wirausaha dengan cara klik link>> https://politeknikindonesia.com/

[Yuk Kepoin juga ASRILOKA WONOSALAM <<KLIK tempat outbound terbaik yang ada di wonosalam kabupaten jombang]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

STIE PEMUDA

Ikuti Akun Kami