Wisuda merupakan kegiatan akhir dan penting dari proses pendidikan tinggi. Mahasiswa melalui proses pelantikan kelulusan setelah menempuh masa belajar Diploma dan Sarjana pada suatu perguruan tinggi. Seperti halnya yang telah dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Mulia Indonesia pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019 tepat pada pukul 08.00 WIB di Hotel Empire Palace, Jalan Blauran, Surabaya. Acara tahunan ini resmi diselenggarakan untuk Mahasiswa lulusan tahun 2019 yang sejumlah 174 Wisudawan dengan tujuan utama yakni melepas para calon wisudawan dari proses pendidikan untuk memasuki Profesionalitas dunia Bekerja dan Berwirausaha.

Tari Remo Pembukaan Acara Wisuda

Dibuka dengan baik oleh penampilan Tari Remo, memberikan kesan Formal sekaligus Tradisional

 

Prosesi berjalan dengan baik mulai dari Seremonial yakni kirab panjang calon wisudawan memasuki gedung wisuda. Disusul dengan masuknya Ketua Yayasan dan Pemimpin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda diikuti oleh Bapak dan Ibu Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda. Turut hadir pula Stockholders, Mitra Bisnis dari Dunia Usaha dan Dunia Industri, Bapak dan Ibu Guru Bimbingan Konseling dari berbagai Sekolah Menengah Surabaya Raya.

Acara dilanjutkan dengan Pemindahan Topi Toga, penyerahan Trophy dan pengukuhan Calon Wisudawan menjadi Wisudawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda. Acara dilanjutkan dengan Pembekalan oleh Surabaya Branch Human Capital PT. Surganya Motor Indonesia Ibu Diana Septriany, M. MT. beliau memberikan gambaran bagaimana menghadapi tantangan Dunia Usaha dan Dunia Industri dan bagaimana menjadi insan profesional yang selalu siap diri untuk mengembangkan skill lebih baik dan sukses.

Tidak kalah pentingnya, dari semua rangkaian acara panjang, ada suatu acara sakral yakni Wijik Kaki Orang Tua. Acara puncak ini menghadirkan Ayah dan Ibunda dari masing-masing wisudawan untuk dibasuh kakinya. Dipandu langsung oleh Ketua STIE Pemuda Bapak Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M., Wisudawan membasuh kaki orang tua, meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, meminta restu serta izin untuk bisa lebih baik dan menjadi lebih sukses kedepannya. Dibalut dengan suasana khidmat dan rasa haru yang mendalam menjadikan setiap momen dari acara ini berharga.

Momen pelemparan Topi Toga bersama-sama juga terekam manis sebagai memori indah Bersama Bersama teman-teman. Selamat dan Sukses Wisudawan dan Wisudawati, Semoga Ilmu anda bermanfaat dan dapat membawa anda ke jalan sukses demi masa depan yang lebih baik.