SELF IMPROVEMENT – Di era digitalism saat ini, tantangan karir dan bisnis semakin keras dan tidak lagi sama.  Pintar memanfaatkan segala bentuk pembaharuan media sosial dan gadgetnya akan sangat mendukung pengguna untuk selalu bisa berinovasi. Di dalam bidang pemasaran, memiliki branding yang baik merupakan hal penting. Selayaknya perusahaan yang saat ini dituntut bisa melakukan promosi atau sebagai calon pegawai dan secara personal saat ini Personal Branding dianggap sebagai keharusan. Artinya mempresentasikan produk atau secara personal akan memberikan gambaran tentang pengalaman yang akan di dapat calon konsumen. Selanjutnya, akan banyak sekali keuntungan untuk karir dan usaha jika kita bisa melakukan Branding terlebih Personal Branding.

Apa sih pentingnya Personal Branding?

Jika sebuah usaha atau secara personal individu memiliki citra atau image yang baik di masyarakat, maka akan menambah kepercayaan diri dari produk. Akan ada gambaran untuk konsumen dalam memilih produknya. Akan ada gambaran bagi Production House dalam memilih Public Figure atau Talent untuk menjadi Brand Ambassador produknya. Jika seorang Public Figure memberika citra di media sosial yang selalu melakukan olah raga dan berpola hidup sehat, maka tidak menutup kemungkinan seorang Public Figure tersebut akan dipilih untuk menjadi ambassador produk kesehatan atau produk olahraga. Artinya, ada sebuah keyakinan dalam diri seseorang ataupun konsumen bahwa “tidak akan rugi jika anda memilih saya atau produk saya”. Selanjutnya, karir akan berlangsung lama, terus meningkat dan produk yang dijual pun akan laris manis terjual. Di lain hal, jangan sampai citra yang sudah dibangun diasosiasikan atau dihubungkan dengan hal-hal negatif. Maka hal apa saja kah yang harus diperhatikan dalam membentuk Personal Branding yang positif, baik, dan dapat berlangsung lama?

Value

Memiliki nilai atau Value adalah komponen mutlak dari sebuah Personal Branding. Namun, banyak orang tidak menyadari value apa yang mereka miliki dan yang perlu dimaksimalkan. Value berkaitan erat dengan keterampilan atau skill yang dimiliki. Jika belum mengetahui, disarankan agar untuk berkonsultasi dengan mentor, guru, dosen, atau pakar psikolog. Dengan mengetahui value diri, maka dapat dipastikan kepercayaan diri akan selalu didapat. Setelah mengetahui value yang dimiliki, terus berlatih dan terus mengupgrade.

Skills

Memiliki keterampilan ibarat peluru dalam senjata dan ibarat mata pisau. Perlu terus diisi dan perlu untuk diasah. Mengisi diri dengan keterampilan baru dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan. Selanjutnya secara konsisten mengasah kemampuan. Berani menunjukkan diri di depan khalayak dan secara positif menampilkannya ke sosial media.

Behavior

Memiliki tinggi IQ dan berprestasi bukan suatu ukuran bagi anda untuk bisa diterima di masyarakat. Dalam kehidupan sosial attitude justru jadi penentu anda memiliki banyak relasi berkualitas. Orang dengan sikap dan sifat yang baik akan mudah mendapatkan kemudahan dikenali oleh teman karena kualitas diri yang baik. Mereka dengan karakter positif akan selalu mendapat rasa segan dan hormat oleh orang lain.

Beauty dan Grooming

Penampilan bukanlah yang utama, namun penilaian pertama ada di penampilan anda. Meskipun bukan syarat mutlak, penampilan dirasa menjadi hal penting untuk dipertimbangkan dalam pembentukan branding. Orang lain akan melakukan penilaian terhadap apa yang terlihat pertama kali di penampilan kita. Mulai dari tata rambut, pemilihan busana, keserasian baju, alas kaki, riasan wajah dan wewangian tubuh dan kebersihan dan kesehatan organ tubuh. Perpaduan hal-hal tersebut yang serasi akan membentuk penampilan yang menarik dan indah dipandang. Dalam hal apapun, hubungan bisnis dan sosial akan memberikan rasa nyaman pada lawan bicara dan hubungan akan terasa lebih menyenangkan.

Menjadi seseorang dengan karakter yang baik dan dapat bersosialisasi dengan baik akan mendapatkan relasi yang baik pula. Kunci dari sebuah branding adalah menjadi diri sendiri, fokus pada kemampuan sendiri dan berusaha mengembangkan semaksimal mungkin kemampuan yang dimiliki. Mengeksplorasi hal-hal baru untuk menemukan kesempatan berkembang yang lebih besar.

STIE Pemuda Surabaya selalu membuka peluang bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan menjadi lulusan yang berbeda dari lainnya. Kami memberikan banyak sekali pelatihan, mendatangkan pakar baik dari luar dan dalam kampus. Hal ini bertujuan menuntun mahasiswa memiliki banyak keahlian diluar pendidikan formalnya. Memberikan kesempatan untuk aktif berorganisasi dan mengadakan banyak kegiatan seminar untuk lebih membuka wawasan berbisnis dan pengembangan diri. Bergabunglah bersama kami, STIE Pemuda Surabaya, Here, your career and business grow up.

Info lebih lanjut hubungi:

Telepon           : (031) 502 999 7/502 999 8

Instagram        : @stiepemuda.sby

Website           : www.stiepemuda.ac.id

Bursa Kerja     : @lokerdankursuspolindo