ETIKA KETIKA BERKOMUNIKASI

Etika Berbicara

Sebagai makhluk sosial, kita perlu senantiasa berkomunikasi dengan orang lain. Dan komunikasi menjadi poin penting di dalam segala bentuk hubungan, baik dengan keluarga, teman, hingga pekerjaan, baik secara langsung maupun menggunakan alat. Komunikasi adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, untuk itu kita harus memikirkan etika saat berkomunikasi dengan lawan bicara kita agar terhindar dari perilaku buruk yang tidak diterima di lingkungan masyarakat sekitar kita. Sehingga kita akan dikenal sebagai orang yang sopan dan beradab serta disenangi banyak orang.

 

Berikut ini etika yang perlu kita perhatikan dalam berkomunikasi dengan lawan bicara kita

  • Melihat keadaan lawan bicara

Saat berkomunikasi dengan lawan bicara, arahkan fokus sepenuhnya kepada orang tersebut. Tatap matanya dan dengarkan baik-baik kata-katanya. Tentu hal itu tidak berlaku kalau kamu sedang mengerjakan hal yang menuntut konsentrasi penuh, misalnya menyetir. Tapi secara umum, berbicara dengan orang lain tanpa benar-benar fokus kepadanya adalah tindakan yang tidak sopan.

Ketika lawan bicara Anda sedang bicara, biarkan dia bercerita tentang seluruh informasi yang ingin diberikan. Dengarkan secara seksama agar Anda mengerti apa maksud pembicaraannya. Jika lawan bicara sudah selesai berbicara, baru anda bisa mulai berkomunikasi lebih jauh dengannya.

Bagaimana jika saat berbicara dengan orang lain, gadgetmu berbunyi karena ada chat atau telepon masuk? Bisa jadi isi chat atau telepon itu penting, jadi sebaiknya memang kamu memeriksanya. Tapi jangan lupa meminta maaf lebih dulu kepada orang tersebut sebelum mengecek gadgetmu. Jika ternyata tidak urgent, simpan gadgetmu dan fokus kembali kepada pembicaraan kalian.

 

  • Jaga sikap tubuh agar tetap sopan

Saat berbicara dengan seseorang, kamu perlu memperhatikan sikap tubuh lawan bicara. Sikap tubuh bisa menunjukan pemikiran dan perasaan dari lawan bicara. Jika terdapat sikap yang kurang nyaman, lebih baik kamu skip dari hal yang sedang kamu bahas.

Kamu juga perlu memperhatikan sikap tubuhmu sendiri saat sedang berbicara pada seseorang. Tataplah mata lawan bicara sebagai tanda bahwa kamu tertarik dengan komunikasi yang terjadi. Tunjukkan senyuman, dan berekspresilah secara tepat.

 

  • Usahakan tidak mendominasi dalam percakapan

Dalam berkomunikasi tentunya mencakup dua hal, yaitu berbicara dan mendengarkan. Kita harus lebih menyeimbangkan dengan tidak terlalu banyak berbicara ataupun mengajukan pertanyaan kepada lawan bicara secara berlebihan atau lebih mendominasi, hal ini seakan tidak memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk berbicara.

 

  • Gunakan kata-kata yang dimengerti lawan bicara dan sesuai dengan konteks pembicaraan

Tujuan utama berbicara adalah untuk membuat lawan bicara mengerti apa yang sedang kita bicarakan. Untuk itu, diperlukan sikap saling memahami antara pembicara dan lawan bicaranya. Berbicaralah untuk hal-hal yang penting dan sekiranya mengenai hal yang benar-benar kedua saling memahami satu dengan yang lainnya. Sehingga arah pembicaraan menjadi lebih terarah.

Kita harus pandai menyesuaikan diri dengan kondisi dan latar belakang lawan bicara yang kita hadapi. Jangan terjebak oleh keinginan untuk menjaga image atau gengsi sehingga mengorbankan lawan bicara.

Pakailah bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, dan yang penting adalah lawan bicara mengerti terhadap apa yang sedang kita bicarakan.

Supaya perbincangan menjadi cair, kamu juga bisa menyisipkan humor. Tidak perlu humor yang terlalu berat atau lelucon yang terlalu konyol. Gurauan sederhana bisa membuat perbincangan menjadi lebih menyenangkan jika kamu mengeluarkannya dengan tepat.

Tipsnya sebelum mengajak bicara, ketahuilah dulu siapa lawan bicaranya. Kalau memang lawan bicara lebih mudah mengerti dengan bahasa daerah, maka kita harus menyesuaikan diri.

 

  • Kontak mata dengan lawan bicara

Berbicara mengenai komunikasi, kontak mata adalah salah satu komponen penting. Pandangan mata saat berbicara atau mendengarkan orang lain merupakan unsur penting dalam sebuah komunikasi.

Hal ini karena mata akan menjelaskan berbagai hal tanpa harus ada pembicaraan. Melalui kontak mata, seseorang juga dapat memeriksa apakah lawan bicara memperhatikannya, dan apakah lawan bicara setuju dengan pembicaraannya. Mata juga mencerminkan ketulusan, integritas dan kenyamanan saat berkomunikasi dengan orang lain. Arah pandangan mata seseorang dapat menunjukkan ke mana perhatiannya menuju. Itulah sebabnya kontak mata yang baik saat bercakap-cakap menggambarkan komunikasi telah berjalan dengan baik.

Dengan melakukan kontak mata saat berbicara, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah ditangkap. Hal ini sangat penting terutama saat sedang presentasi atau berpidato di depan publik. Melakukan kontak mata dengan audiens akan membuat mereka tertarik untuk mendengarkan apa yang kita bicarakan.

 

  • Berbicaralah dengan baik dan jujur

Supaya informasi bisa tersampaikan dengan baik, kamu harus bisa berbicara dengan baik. Secara teori, cara berbicara yang baik cukup sederhana. Kamu hanya perlu melafalkan kata-kata dengan jelas, berbicara tidak terlalu cepat atau lambat, intonasi yang lebih dinamis, memilih kata-kata yang sesuai, dll.

Namun, pada prakteknya hal tersebut tidaklah sesederhana itu. Butuh pengalaman dan pembelajaran yang mendalam supaya bisa menerapkan teknik komunikasi efektif secara optimal.

Bahasa dapat menunjukan kualitas kepribadian dan latar belakang seseorang. Bahasa pegawai kantor, jelas berbeda dengan orang berjualan di pasar. Salah satu unsur pembedanya terdapat dalam pemakaian tata bahasa yang digunakan. Bahasa pegawai kantor jelas lebih punya etika dari pada orang pasar. Bahasa anak gaul berbeda dengan bahasa ningrat keraton.

 

  • Menunjukkan sikap antusias dalam berbicara

Menunjukan sikap antusias itu pun perlu untuk dilakukan sebagai bentuk menghargai apa yang mereka bicarakan, walaupun mungkin saja apa yang mereka bicarakan sudah pernah kita dengar sebelumnya. Komunikasi 2 arah yang terjadi membutuhkan perhatian dari lawan bicara. Perlihatkan keseriusan dan antusiasme ketika berbicara atau ketika lawan bicara memberi respon pembicaraan dengan pendapat, saran ataupun kritik mereka. Hal itu akan membuat lawan bicara merasa dihargai dan bisa fokus sepenuhnya pada pembicaraan

 

  • Tidak memotong pembicaraan orang lain

Saat mendengarkan, kamu sedang mencerna informasi yang disampaikan lawan bicara. Tanggapan yang kamu keluarkan nantinya sangat dipengaruhi oleh seberapa efektif kamu saat mendengarkan.

Kurangi kebiasaan memotong pembicaraan. Selain karena tidak sopan dan egois, hal tersebut bisa mengurangi dan menghambat dalam mencerna informasi secara utuh sehingga tidak bisa menanggapi dengan semestinya.

Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri untuk menyimak dengan baik saat seseorang sedang berbicara. Dengarkan dengan seksama hingga tuntas supaya kamu bisa mengerti apa yang dimaksud.

 

  • Berusaha untuk menghindari perdebatan

Dalam berbicara sering kali terjadi perdebatan yang kadang kala bisa memicu timbulnya rasa sakit hati satu dengan yang lainnya. Untuk itulah hindari perdebatan untuk menciptakan perdamaian antar sesama manusia. Sebaiknya ketika terjadi perbedaan pendapat selesaikan lah dengan cara bermusyawarah dan berbicara lah hati-hati dari hati ke hati agar perdebatan tidak akan terjadi.

Menghindari berdebat selain untuk menjaga hubungan baik antar sesama manusia, menghindari berdebat juga akan mendapatkan balasan yang baik di akhirat kelak.

 

  • Menghindari untuk membicarakan kejelekan orang lain

Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya seorang manusia berkumpul dan berinteraksi dengan manusia lain di sekitarnya. Namun, sering kali manusia tersebut terlena saking asiknya mengobrol, justru membicarakan keburukan-keburukan orang lain.

Dengan berpikir positif akan memberi pengaruh yang baik bagi kehidupan seseorang, dan akan meminimalisir untuk berpikiran buruk terhadap orang lain.

 

  • Menjaga intonasi

Intonasi suara juga cukup berpengaruh, meskipun apa yang anda sampaikan kepada lawan bicara bertujuan baik namun jika intonasi suara anda tinggi tentu akan membuat salah paham lawan bicara anda sehingga membuatnya seolah-olah dipojokkan dan disalahkan. Selain itu penting bagi anda untuk menghindari nada-nada suara seolah memerintah.

Pakailah nada suara yang datar-datar saja, sehingga setiap orang dapat mendengarnya dengan baik. Kalau terlalu tinggi dikhawatirkan tidak semua pendengarnya dapat mendengar dengan baik. Apalagi jika kita ditunjuk sebagai pembicara, nada suara harus benar-benar dijaga. Sebab, pendengar dalam sebuah forum baik ceramah maupun diskusi yang cenderung beragam.

Jika nada suara terlalu tinggi kita akan cepat letih. Orang tidak mungkin sanggup berteriak selama satu jam terus-menerus. Apa yang kita bicarakan sebaiknya dapat kita nikmati jangan malah menjadi beban.

Disamping itu, kurang beretika rasanya kalau kita berbicara dengan nada suara yang tinggi. Kecuali jika kita sedang membakar semangat para anak-anak muda untuk terjun ke medan perang. Dalam situasi yang biasa, aman dan tidak darurat, Sebaiknya nada suara kita tidak terlalu tinggi.

 

 

[SHARE INFORMASI dengan cara bagikan link POLINDO INTERNASIONAL https://politeknikindonesia.com/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

[ Hanya dengan uang 500rb sudah bisa kuliah, di STIE PEMUDA School Of Business https://www.stiepemuda.ac.id/

[Yuk Kepoin juga ASRILOKA WONOSALAM <<KLIK tempat outbound terbaik yang ada di wonosalam kabupaten jombang]

kuliah cepat kerja dan bisnis di surabaya, disalurkan sampai dapat kerja di surabaya, kuliah dengan jaminan kerja di surabaya, kursus komputer murah di surabaya,kursus perpajakan di surabaya, kursus akuntansi di surabaya, kuliah terbaik di madiun, kuliah sambil kerja di madiun, kuliah berkualitas di madiun, kuliah multi skill di madiun, kuliah dengan penyaluran kerja di madiun, kursus pajak terbaik di madiun, kursus perpajakan di surabaya, kursus akuntansi terbaik di madiun, kuliah kelas karyawan di surabaya, kuliah sambil kerja di surabaya, kampus di surabaya internasional, kuliah karyawan di surabaya, kuliah s1 manajemen di surabaya, kuliah D3 akuntansi di surabaya, kuliah biaya murah di surabaya, kuliah dengan bursa kerja di surabaya, kuliah dengan biaya terjangkau di surabaya, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar probolinggo, kuliah karyawan terbaik sekitar gresik, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar gresik, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar sidoarjo, kuliah kelas karyawan sekitar mojokerto, kuliah kelas karyawan sekitar madura, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar jombang, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar pasuruan, kampus vokasi di surabaya internasional, tempat kursus di surabaya internasional, kursus murah di surabaya internasional, tempat kursus terbaik di surabaya, kursus wirausaha internasional, penyaluran kerja terbaik internasional, kuliah jurusan komputer di surabaya, kuliah jurusan komputer, kuliah jurusan akuntansi, kuliah jurusan administrasi perkantoran, kuliah jurusan animasi di surabaya, kuliah jurusan dkv, kuliah jurusan desain grafis, kuliah jurusan desain interior, kuliah jurusan editing video, kuliah jurusan fotografi, kuliah jurusan it, kuliah jurusan ilmu komputer, kuliah jurusan jaringan internet, kuliah jurusan jaringan, kuliah jurusan manajemen, kuliah jurusan multimedia, kuliah jurusan manajemen bisnis, kuliah jurusan teknik informatika, kuliah jurusan web design, kuliah murah langsung kerja, kuliah langsung kerja, jurusan kuliah langsung kerja, kuliah langsung kerja 2021, kuliah karyawan surabaya, kursus komputer, kursus komputer terdekat, kursus komputer di malang, kursus komputer sidoarjo, kursus komputer madiun, kursus komputer madiun, kursus komputer langsung kerja, kursus bahasa inggris surabaya, kursus bahasa inggris di sidoarjo, kursus perpajakan surabaya, kursus administrasi perkantoran, kuliah atau kerja, kuliah akuntansi, kuliah ada berapa semester, kuliah bisnis, kuliah bisnis manajemen, kuliah beasiswa, kuliah bahasa inggris, kuliah cepat lulus, kuliah cepat kerja, kuliah di surabaya, kuliah desain grafis, kuliah d1, kuliah ekonomi, kuliah informatika, kuliha it, kuliah karyawan, kuliah karyawan surabaya, kuliah kelas karyawan surabaya, kuliah kelas karyawan, kuliah langsung kerja, kuliah daring artinya, kuliah lulusan smk, kuliah manajemen, kuliah murah surabaya, kuliah multimedia, kuliah online, kuliah online surabaya, kuliah online s1, kuliah reguler sambil kerja, kuliah s1 berapa tahun, kuliah sampai semester berapa, kuliah s1 sampai berapa semester, kuliah s1 berapa semester, kuliah wirausaha, kuliah yang langsung kerja, tempat outbound terbaik di wonosalam, tempat outbound terbaik di jombang asriloka wonosalam, tempat outbound terbaik, tempat outbound terbaik di jombang, tempat outbound terbaik di mojokerto, tempat outbound terbaik di malang, tempat outbound terbaik di wonosalam, rekomendasi tempat outbound, tempat outbound outbound trawas, outbound adalah, outbound artinya, outbound surabaya, outbound malang, outbound sidoarjo, outbound pandaan, outbound wonosalam, tempat outbound, tempat outbound di pacet, tempat outbound di malang, tempat outbound di jawa timur, tempat outbound di trawas, kelas karyawan di sidoarjo. Kursus microsoft excel termurah, kursus microsoft word termurah, kursus microsoft powerpoint, kursus myob accounting surabaya, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar probolinggo stie pemuda, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar pasuruan stie pemuda, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar jombang stie pemuda, kuliah dengan biaya terjangkau di surabaya stie pemuda, kuliah dengan bursa kerja di surabaya stie pemuda, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar sidoarjo stie pemuda, lowongan kuliah langsung kerja, kuliah yang menjamin langsung kerja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *