KOMUNIKASI ASERTIF

KOMUNIKASI ASERTIF, KOMUNIKASI BIJAK ?

KOMUNIKASI ASERTIF

Asertif adalah sikap mampu berkomunikasi dengan jujur dan tegas, namun tetap menghargai dan menjaga perasaan orang lain. Sikap ini penting untuk dimiliki banyak orang. Namun, sikap ini tidaklah muncul dengan sendirinya, melainkan harus dibentuk dengan proses pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Orang asertif biasanya memiliki gaya komunikasi yang efektif dan diplomatis, sehingga tak heran jika mereka memiliki kecakapan untuk menyelesaikan konflik dan perselisihan.

Selain dipandang sebagai gaya komunikasi yang efektif, sikap asertif juga memiliki beberapa manfaat penting yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  • Mudah berteman dengan siapa pun
  • Selalu dihormati dan dihargai orang lain
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Tidak akan ditindas atau dimanfaatkan oleh orang lain
  • Membantu mengatasi rasa stress
  • Meningkatkan keterampilan dalam pengambilan keputusan

Ciri-ciri individu yang berperilaku asertif adalah sebagai berikut:

  1. Bebas mengemukakan pikiran dan pendapat, baik melalui kata-kata maupun tindakan
  2. Dapat berkomunikasi secara langsung dan terbuka
  3. Mampu memulai, melanjutkan dan memulai suatu pembicaraan dengan baik
  4. Mampu menolak dan menyatakan tujuannya terhadap pendapat orang lain, atau segala sesuatu yang tidak beralasan dan cenderung bersifat negatif
  5. Mampu mengajukan permintaan dan bantuan kepada orang lain ketika membutuhkan
  6. Mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan dengan cara yang tepat
  7. Memiliki sikap dan pandangan yang aktif terhadap kehidupan
  8. Menerima keterbatasan yang ada dalam dirinya dengan tetap berusaha untuk mencapai apa yang diinginkannya sebaik mungkin, baik berhasil maupun gagal akan tetap memiliki harga diri (self esteem) dan kepercayaan diri (self confidence).

Berikut ini adalah beberapa langkah penerapan asertif yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menjadi pendengar yang baik

Cobalah untuk selalu memperhatikan semua hal yang dikatakan lawan bicara Anda. Jangan menyela pembicaraannya meskipun Anda punya pendapat. Tunggu dulu sampai orang tersebut selesai berbicara, baru nyatakan pendapat Anda. Ketika sedang mendengarkan, coba pahami sudut pandang dan situasi orang tersebut.

  1. Mampu menyampaikan perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat adalah hal yang umum terjadi. Ketika Anda tidak sependapat dengan lawan bicara, Anda harus berani mengatakannya. Ingat, mengutarakan berbeda dengan memaksakan pendapat. Ingat juga bahwa Anda masih mungkin salah, meskipun Anda sangat percaya diri dengan pendapat Anda.

  1. Menghargai orang lain

Ingatlah untuk tetap menghargai orang lain ketika Anda sedang mengutarakan pikiran, keinginan, ataupun opini tertentu. Hindari berkeras kepala terhadap pendapat Anda dan pastikan Anda menyampaikan pendapat dengan tetap menjaga perasaan orang lain.

  1. Menganggap lawan bicara sebagai teman

Ketika terdapat suatu konflik, cobalah memandang lawan bicara Anda sebagai teman, bukan musuh. Hal ini berguna agar tercipta hasil kesepakatan yang saling menghormati kedua belah pihak.

  1. Tenang saat berbicara

Saat berbicara dengan siapa pun, usahakan untuk menatap mata lawan bicara dengan menjaga ekspresi wajah tenang, kemudian bicaralah dengan nada suara normal dan tentunya dengan kata-kata yang sopan.

  1. Berlatih dengan hal-hal kecil

Berlatihlah menjadi pribadi yang asertif dengan teman atau orang terdekat. Bahkan, Anda bisa berlatih di depan kaca dengan membuat skenario di kepala Anda. Misalnya, coba latih cara bicara dan gestur Anda saat menolak permintaan bantuan untuk mengerjakan tugas kuliah teman Anda.

  1. Belajar dari banyak orang

Guna menunjang keterampilan perilaku asertif, Anda bisa banyak belajar dari banyak orang, baik itu keluarga, teman, ataupun tokoh masyarakat. Perhatikanlah bahasa tubuh dan pilihan kata yang disampaikannya.

  1. Selalu bersabar

Menjadi pribadi yang asertif memerlukan proses yang panjang. Terkadang, mempraktikkan sikap ini juga membutuhkan keberanian ekstra sehingga bisa melelahkan. Belum lagi jika ada orang yang mengomentari perubahan sikap Anda. Jadi, Anda juga memerlukan kesabaran dan ketekunan untuk mengembangkan sikap ini.

  1. Hindari merasa bersalah

Hindari merasa bersalah setelah Anda mengatakan tidak terhadap suatu pendapat atau menolak suatu permintaan. Anda tidak harus menjadi people pleaser atau selalu menyenangkan orang lain. Selama Anda mengemukakan alasan yang jujur, masuk akal, dan tidak menyalahi aturan, tidak ada alasan untuk merasa bersalah.

  1. Tidak menggunakan kalimat agresif

Ketika berbicara dengan siapa pun, hindari penggunaan kalimat yang terasa menyerang lawan bicara dan berpotensi menyakitinya, apalagi ketika Anda sedang berada di tengah konflik.

 

STIE Pemuda Surabaya selalu membuka peluang bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan menjadi lulusan yang berbeda dari lainnya. Lulusan STIE Pemuda dipersiapkan menjadi lulusan yang memiliki tingkat SDM yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Kami memberikan banyak sekali pelatihan, mendatangkan pakar baik dari luar dan dalam kampus. Hal ini bertujuan menuntut mahasiswa memiliki banyak keahlian di luar pendidikan formalnya. Memberikan kesempatan untuk aktif berorganisasi dan mengadakan banyak kegiatan seminar dan kuliah umum untuk lebih membuka wawasan berbisnis dan pengembangan diri. Bergabunglah bersama kami, STIE Pemuda Surabaya, Here, your career and business grow up.

Kuliah di STIE Pemuda Surabaya www.stiepemuda.ac.id juga terkenal dengan kuliah karyawan atau kuliah sambil kerja karena memang menyediakan kelas khusus karyawan yang ingin kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja atau kuliah sore hari atau juga ada kuliah reguler yaitu pagi hari juga kuliah reguler sambil kerja, metode kuliah tatap muka atau kuliah daring / online. Biaya kuliah murah atau sangat terjangkau apalagi untuk ukuran kampus Surabaya dapat dibilang sangat murah  yaitu biaya SPP dapat diangsur per bulan hanya RP. 500.000 (lima ratus

ribu rupiah).

Cara mendaftar:  Datang langsung di alamat STIE PEMUDA Surabaya, JL. Bung Tomo No. 8

kav. 12 Ngagel Surabaya , telp (031) 502  / WA: 0856 0816 9688 

LINK PENDAFTARAN ONLINE STIE Pemuda: http://bit.ly/formpendaftaranstiepemuda

Info lebih lanjut hubungi:

Telepon                  : (031) 502 999 7/502 999 8

WA                          : 085 608 169 688

Website                  : www.stiepemuda.ac.id

Instagram            : @stiepemuda.sby ( https://www.instagram.com/stiepemuda.sby/)

Facebook               : https://m.facebook.com/stiepemuda.sby/

Pinterest                : https://id.pinterest.com/stiepemuda/

[SHARE INFORMASI, STIE PEMUDA School Of Business dengan cara bagikan link

https://www.stiepemuda.ac.id/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

[ Kunjungi, POLINDO INTERNASIONAL Kuliah Cepat Kerja & Wirausaha dengan cara klik link https://politeknikindonesia.com/

[Yuk Kepoin juga ASRILOKA WONOSALAM <<KLIK tempat outbound terbaik yang ada di wonosalam kabupaten jombang]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIE PEMUDA