MENINGKATKAN PERSONALITY VALUES

Meningkatkan Personality Values

Potensi Diri Manusia Dalam Meningkatkan Personality Values

Setiap individu memiliki Personality Values. Personality Values atau orang-orang mengatakan nilai diri berbeda setiap personalnya. Tuhan Yang Maha Esa menciptakan makhluknya tidak ada yang sempurna karena masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. selanjutnya, kita mengenal setiap kelebihan yang melekat pada setiap individu sebagai potensi diri. Namun, banyak dari kita belum mengenali kekurangan dan mengembangkan kelebihan. Hal ini berdampak cara bersikap dan pola pengambilan keputusan dari personal tersebut. Nah, saat ini mari kita berfokus pada cara meningkatkan personality values atau kelebihan kita ya. Sederhananya, potensi diri adalah kemampuan, kekuatan, atau kecerdasan yang ada di dalam setiap individu, baik yang sifatnya sudah terwujud atau belum terwujud secara optimal.

Potensi diri dapat berkembang melalui bakat yang sudah ada sejak lahir, dan kita dapat terus mengasah melalui usaha dan kerja keras. Saat ini, orang cenderung memikirkan kenaikan taraf hidup ketimbang mengenali, menggali dan meningkatkan potensi diri. Orang sering kali menghabiskan waktu membentuk strategi untuk naik jabatan, gaji yang lebih besar, dan keuntungan lain dalam bekerja. Mereka mengukur kesuksesan dari materi saja sampai lupa cara meningkatkan personality values yang ada untuk hasil yang lebih maksimal. 

Macam-macam Potensi Diri
Kemampuan Linguistik

Seseorang yang memiliki potensi berbahasa, mampu menggunakan bahasa secara efektif, dan bisa menguasai beberapa bahasa dari negara atau daerah lain. Individu tersebut cenderung menyukai berbagai kegiatan yang bersinggungan dengan bahasa seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Kemampuan Logika

Kemampuan ini dimiliki orang seseorang yang tertarik dengan angka. Individu tersebut biasanya mampu berpikir secara logis dan matematis, memahami hubungan sebab akibat, dan suka mengolah data. Potensi ini berkaitan dengan kecerdasan dalam pikirannya untuk memahami sesuatu secara numerik, termasuk menghitung dan menghafal rumus-rumus matematis. Potensi kemampuan logika bisa diperoleh dari bakat atau hasil belajar.

Kemampuan Sosiologis

Yaitu kemampuan seseorang untuk peka terhadap permasalahan sosial di sekitar. Kepekaan ini mendorong dirinya untuk berpikir kritis dan emansipatoris. Simpati dan empati merupakan wujud kepekaan yang dimiliki mereka yang punya potensi kemampuan berpikir sosiologis.

Kemampuan Kinestetik

Potensi diri ini berhubungan dengan kegiatan fisik yang mendorong seseorang untuk mengoptimalkan gerakan tubuhnya. Kemampuan seseorang dalam menggerakkan tubuhnya, tidak hanya sekadar bergerak, namun juga mengembangkan elastisitas atau kelenturan tubuh serta menciptakan harmoni melalui gerakan-gerakan fisik yang tepat dan mempesona. Seperti penari professional, atlet.

Kemampuan Bermusik

Seseorang yang memiliki kemampuan bermusik dapat dengan mudah mengenali nada, ritme, dan melodi. Skill bermusik ini dapat mendorong individu untuk berkreasi dan menciptakan sebuah karya dalam bidang musik.

Kemampuan Interpersonal

Kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan sosial atau berinteraksi dengan orang lain. Potensi kecerdasan seseorang yang piawai melakukan hubungan interpersonal terlihat dari kemampuannya berkomunikasi, melobi, mewawancarai orang lain atau semacamnya. Kemampuan ini adalah tentang menciptakan dan menjaga hubungan antar manusia. Individu dengan kemampuan ini dapat dengan mudah untuk mengeluarkan pendapatnya, bahkan meyakinkan orang lain dengan gagasannya.

Kemampuan Intrapersonal

Intrapersonal merupakan kemampuan untuk bisa merefleksikan atau memahami diri sendiri. Umumnya, seseorang yang memiliki potensi interpersonal yang baik dapat mengatur emosi, mandiri, dan orang lain tidak mudah mempernagruhinya.  Yaitu kemampuan seseorang dalam memahami, mengatur, serta memanajemen diri sendiri. Orang yang berhasil mengembangkan potensi interpersonalnya piawai dalam mengambil keputusan, merancang visi, dan menetapkan tujuan hidup. Kita dapat melatih kemampuan intrapersonal ini melalui upaya-upaya pengendalian emosi diri.

Kemampuan Naturalis

Kemampuan ini menunjukkan kekuatan seseorang yang bisa dengan baik berinteraksi dengan alam. Artinya, seseorang tersebut akan lebih peka dan memahami perubahan yang terjadi pada alam sekitar. Individu ini juga cenderung suka dengan tanaman serta binatang. Yaitu kemampuan yang seseorang untuk merasa peka terhadap lingkungan alam sekitar. Orang yang punya potensi kemampuan naturalis akan merasa sakit apabila banyak orang tidak baik dalam memperlakukan alam. Terlebih, potensi ini juga dapat menggambarkan kemampuaan seseorang memahami kehidupan ekologi di bumi.

Kemampuan Spiritual

Potensi diri ini berhubungan dengan kecerdasan terkait dengan keimanan dan akhlak mulia. Selain itu, individu tersebut banyak menggunakan waktunya untuk merenung dan berusaha meningkatkan hubungannya dengan Tuhan.

Cara Mengenali dan Meningkatkan Personality Values (Potensi Diri

Inilah beberapa cara meningkatkan potensi diri yang bisa kamu lakukan:

1) Kenali Diri Secara Mendalam

Pertama, yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan potensi diri yaitu dengan mengenali dirimu sendiri secara mendalam. Kenali dan gali semua kemampuan atau kehebatan diri yang sudah bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki. Apabila belum bisa mengenali diri sendiri sebaiknya coba kembali telaah apa saja yang kamu sukai. Kira-kira apa saja yang membuat kamu tidak akan pernah bosan untuk melakukannya. 

2) Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tujuan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri adalah untuk mempermudah kamu untuk mencapai tujuan dan juga mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah yang nantinya akan dihadapi dan mencari solusi atau mengatasinya dengan terbaik. Jika kamu memiliki kekurangan janganlah pernah minder, justru berusahalah untuk menutupi kekurangan tersebut dengan kelebihan yang dimiliki.

3) Open Minded Terhadap Saran dan Kritik dari Orang Lain

Ketika kamu sedang mengembangkan potensi sebaiknya selalu bersikap terbuka dalam menerima saran maupun kritik dari orang lain karena sangat berguna bagi masa depan serta dapat menjadi motivasi di masa depan. Saran dan kritik dari orang lain yang sifatnya membangun dapat menjadi bahan untuk introspeksi diri. 

4) Buang Pikiran Negatif

Memikirkan hal-hal negatif juga akan memberikan dampak buruk bagi kamu karena bisa menjadi penghambat dalam mengembangkan potensi diri. Selain itu, Ketika membiasakan diri untuk menghilangkan pikiran negatif, maka akan kehilangan fokus, jarah dan akan menambah masalah. Maka dari itu, buang semua pikiran negatif yang muncul sehingga kamu akan tetap fokus dalam mengembangkan potensi diri hingga mencapai tujuan hidup yang sudah kamu susun. 

5) Berani Mencoba Hal Baru dan Selalu Optimis

Selanjutnya, kita akan membahas hal yang menarik. Banyak mencoba hal baru di karena hal baru bisa menjadi potensi pada dirimu yang paling besar, meskipun risiko tidaklah kecil. Tetapi harus selalu optimis jika setiap kita melakukan hal baru pasti akan berhasil. Kita perlu menanamkan sikap selalu optimis dalam diri supaya mendorong kamu untuk selalu semangat mewujudkan tujuan hidup.

 

Informasi STIE Pemuda

STIE Pemuda Surabaya membuka peluang bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan menjadi lulusan yang berbeda dari lainnya. Selain itu, STIE Pemuda mempersiapkan lulusan yang memiliki tingkat SDM yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Kami memberikan banyak sekali pelatihan, mendatangkan pakar baik dari luar dan dalam kampus. Hal ini bertujuan menuntut mahasiswa memiliki banyak keahlian di luar pendidikan formalnya. Memberikan kesempatan untuk aktif berorganisasi dan mengadakan banyak kegiatan seminar dan kuliah umum untuk lebih membuka wawasan berbisnis dan pengembangan diri. Bergabunglah bersama kami, STIE Pemuda Surabaya, Here, your career and business grow up.

Kuliah di STIE Pemuda Surabaya www.stiepemuda.ac.id juga terkenal dengan kuliah karyawan atau kuliah sambil kerja.

Biaya kuliah murah atau sangat terjangkau dan Mahasiswa dapat mengangsur biaya pendidikan.

CARA MENDAFTAR: Anda dapat datang langsung di alamat STIE PEMUDA Surabaya, JL. Bung Tomo No. 8 kav. 12 Ngagel Surabaya , telp (031) 502  / WA: 0856 0816 9688

LINK PENDAFTARAN ONLINE STIE Pemuda: http://bit.ly/formpendaftaranstiepemuda

INFO LEBIH LANJUT, KLIK : https://sites.google.com/view/stiepemuda/halaman-muka

Yuk, dapatkan info lebih lanjut dengan menghubungi!

Telepon                  : (031) 502 999 7/502 999 8

WA                          : 085 608 169 688

Website                  : www.stiepemuda.ac.id

Instagram            : @stiepemuda.sby ( https://www.instagram.com/stiepemuda.sby/)

Facebook               : https://m.facebook.com/stiepemuda.sby/

Pinterest                : https://id.pinterest.com/stiepemuda/

[SHARE INFORMASI, STIE PEMUDA School Of Business dengan cara bagikan link https://www.stiepemuda.ac.id/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

[ Kunjungi, POLINDO INTERNASIONAL Kuliah Cepat Kerja & Wirausaha dengan cara klik link>> https://politeknikindonesia.com/

[Yuk Kepoin juga ASRILOKA WONOSALAM <<KLIK tempat outbound terbaik yang ada di wonosalam kabupaten jombang]

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

STIE PEMUDA