seminar

Peran Orang Tua dalam Meminimalisir Bullying di Dunia Pendidikan

peran orang tua

Bullying merupakan isu yang masih menghantui dunia pendidikan. Meski sekolah dan perguruan tinggi telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi masalah ini, peran orang tua juga sangat krusial dalam meminimalisir bullying. Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M, selaku Ketua STIE PEMUDA Surabaya, berbagi pandangannya tentang bagaimana orang tua dapat berkontribusi dalam mengatasi bullying di lingkungan pendidikan.

sekolah

 

Pendidikan Awal di Rumah

Menurut Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M, pendidikan karakter dimulai dari rumah. “Orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak mereka. Sikap, nilai, dan perilaku yang diajarkan di rumah akan tercermin dalam tindakan anak-anak di sekolah,” jelasnya. Orang tua harus memberikan contoh yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain, menunjukkan empati, dan menghormati perbedaan.

“Komunikasi yang terbuka dan jujur antara orang tua dan anak sangat penting. Anak-anak harus merasa nyaman untuk berbicara tentang apa yang mereka alami di sekolah, termasuk jika mereka menjadi korban atau menyaksikan tindakan bullying,” tambah Dr. H. Nuryadi.

Memahami dan Mengenali Tanda-tanda Bullying

Dr. H. Nuryadi juga menekankan pentingnya orang tua untuk mengenali tanda-tanda bullying. “Banyak anak yang tidak berani mengungkapkan bahwa mereka dibully. Orang tua harus peka terhadap perubahan perilaku anak, seperti penurunan prestasi akademik, enggan pergi ke sekolah, atau perubahan emosional yang drastis,” katanya.

Orang tua harus aktif menanyakan kegiatan anak di sekolah dan siapa teman-teman mereka. “Jika orang tua mencurigai adanya bullying, segera lakukan tindakan dengan berkomunikasi dengan pihak sekolah untuk mencari solusi bersama,” saran Dr. H. Nuryadi.

seminar

Kolaborasi dengan Sekolah

Kolaborasi antara orang tua dan sekolah sangat penting dalam memerangi bullying. Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M mengungkapkan, “Sekolah harus menyediakan forum bagi orang tua untuk berdiskusi dan bertukar informasi tentang cara-cara mencegah bullying. Selain itu, partisipasi orang tua dalam kegiatan sekolah dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan inklusif.”

 

Mendorong Anak untuk Berperilaku Positif

Orang tua memiliki peran penting dalam mendorong anak-anak mereka untuk berperilaku positif. “Ajarkan anak-anak untuk bersikap asertif, tetapi tetap sopan. Mereka harus belajar untuk tidak menjadi pelaku bullying dan juga tidak menjadi korban yang pasif,” kata Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M. Orang tua harus menanamkan nilai-nilai kebaikan dan keberanian dalam anak-anak mereka, sehingga mereka berani melaporkan tindakan bullying kepada pihak yang berwenang.

Menjadi Panutan dalam Penggunaan Teknologi

Di era digital, bullying sering terjadi melalui media sosial. Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M mengingatkan bahwa orang tua juga harus menjadi panutan dalam penggunaan teknologi. “Orang tua harus mengajarkan etika penggunaan media sosial dan mengawasi aktivitas online anak-anak mereka. Berikan pemahaman tentang dampak negatif dari cyberbullying dan cara menghadapinya,” tegasnya.

Komitmen Jangka Panjang

Mengatasi bullying memerlukan komitmen jangka panjang dari semua pihak, termasuk orang tua. Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M menutup webinar dengan menyatakan, “Penting bagi orang tua untuk selalu terlibat dalam pendidikan dan perkembangan anak mereka. Dengan kerja sama yang baik antara orang tua, sekolah, perguruan tinggi dan komunitas, kita dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang bebas dari bullying dan lebih aman bagi semua anak.”

Melalui wawasan dan strategi yang dibagikan oleh Dr. H. Nuryadi, S.Sos., M.M, terlihat jelas bahwa peran orang tua tidak bisa diabaikan dalam upaya meminimalisir bullying. Dengan pendidikan karakter yang dimulai dari rumah, kolaborasi dengan sekolah, dan penggunaan teknologi yang bijak, orang tua dapat menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik.

LINK PENDAFTARAN ONLINE STIE Pemuda: http://bit.ly/formpendaftaranstiepemuda

Info lebih lanjut hubungi:

Telepon                  : (031) 502 999 7/502 999 8

WA                         : 0896 7665 6806

Website                  : www.stiepemuda.ac.id

Instagram               : stiepemuda.sby

TikTok                     : stiepemuda.sby

YouTube                 : STIE PEMUDA

Facebook                : STIE PEMUDA

Pinterest                 : stiepemuda

 

[SHARE INFORMASI, STIE PEMUDA School Of Business dengan cara bagikan link https://www.stiepemuda.ac.id/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

STIE PEMUDA