PERGESERAN FUNGSI MEDIA SOSIAL DAN CARA MENYIKAPINYA

Media sosial diasumsikan sebagai bentuk modalitas secara teoritis, ada perdebatan mengenai modal sosial bermuara relasi sosial. Berkenaan dengan konseptualisasi modal sosial sebagai kapital konkrit dimana individu atau kelompok mampu mendayagunakan relasi sosial mencakup nilai norma, jaringan sosial dan kepercayaan untuk memperoleh keuntungan ekonomi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Dalam konteks pembangunan inklusif berkelanjutan, artikel ini menyimpulkan bahwa konsep modal sosial berfungsi sebagai kerangka berfikir yang bermanfaat dalam keberhasilan pembangunan.

Pembangunan nasional adalah serangkaian usaha pembangunan yang berkelanjutan meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara untuk mewujudkan tujuan nasional dalam pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Kesejahteraan mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, menggulirkan roda pembangunan yang menyasar dan menyentuh tiga komponen utama yaitu alam, manusia, kebudayaan.
Dengan demikian peran dinamika yang terjadi atas segenap aspek kehidupan masyarakat selain menjadi faktor pendukung pelaksanaan pembangunan, seringkali menjadi penghambat lajunya pembangunan. Dalam hal ini sumber daya dan potensi yang dimiliki sangat penting bagi pembangunan atas potensi yang ada. Kemampuan untuk mengelola kegiatan, kemampuan dalam pertanian dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Akhir-akhir ini banyak yang membahas mengenai tatanan hidup baru ditengah pandemic covid 19. Definisi new normal untuk mempercepat penanganan covid 19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi, pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan scenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional. New normal bertujuan untuk menata kehidupan baru pada masa penanganan covid 19.
Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat, bantuan kebutuhan dasar penting untuk membantu mereka melalui masa sulit. Dengan pendapatan menengah kebawah keluarga miskin membutuhkan program bantuan sosial dari kemensos yang berfungsi sebagai bentuk dukungan dalam mengurangi beban keluarga kurang mampu. Ditengah pandemic covid-19 saat ini yang mana dampaknya tidak hanya memberikan pukulan berat bagi sistem kesehatan, tetapi juga sosial ekonomi di masyarakat.

Ketimpangan sosial dan kesejahteraan juga sering kali menyebabkan peningkatan tindak kriminalitas, seperti meningkatnya pencurian, pembunuhan, dll. Ditengah pandemic pun memberatkan masyarakat secara psikologis. Kehadiran pandemic telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat, secara sosiologis, pandemic Covid-19 telah menyebabkan perubahan sosia; yang tidak direncanakan oleh masyarakat. Akibatnya masyarakat dalam menghadapi pandemic ini pada gilirannya telah menyebabkan disorganisasi sosial di segala aspek kehidupan. Lebih jauh, kondisi yang belum siap menerima perubahan akibat pandemic Covid-19 dapat menggoyahkan nilai dan norma sosial yang telah berkembang dan dianut oleh masyarakat. Meskipun masyarakat akan selalu mengalami perubahan, masyarakat tidak bisa dibayangkan sebagai keadaan yang tetap, melainkan sebagai proses yang senantiasa berubah dengan derajat kecepatan, intensitas, irama dan tempo yang berbeda.
Kedepan masyarakat justru akan dihadapkan pada situasi perubahan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sejumlah tata nilai dan norma harus ditata ulang dan direproduksi kembali untuk menghasilkan sistem sosial yang baru. Dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah sejak kemunculan virus ini.

Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti tempat tinggal, pakaian, makanan, pendidikan dan kesehatan. Dampak kemiskinan merupakan suatu hal yang sulit diraih oleh masyarakat yang mengalami kesulitan untuk berkembang dan mencari pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan. Adanya pendapatan membuat pemenuhan kebutuhan hidup sangat sulit, kekurangan nutrisi dalam tubuh mengalami masalah kesehatan.

Putusnya sekolah merupakan dampak ketiga dari kemiskinan, mahalnya biaya pendidikan mengakibatkan rakyat miskin putus sekolah karena tidak mampu membiayai pendidikan. Hilangnya kesempatan pendidikan akan berakibat pada penghambat rakyat miskin dalam menambah keterampilan, hal tersebut menyebabkan kemiskinan semakin mendalam, hilangnya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
Menteri Sosial Tri Rismaharini meluncurkan program pejuang muda bagi anak muda sebagai salah satu upaya mempercepat pengentasan masalah sosial di Indonesia. Program tersebut merupakan program kementrian sosial untuk pejuang muda nantinya memiliki fokus sosial entrepreneurship atau kewirausahaan. Lewat program itu masyarakat akan diberikan kesempatan mencari pengalaman secara langsung. Memformulasikan solusi dan memberikan alternatif solusi membuat perencanaan sumber daya dan capaian mengerahkan peran masyarakat mengimplementasikan solusi membuat pelaporan dan pengukuran dampak.

STIE Pemuda Surabaya selalu membuka peluang bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan menjadi lulusan yang berbeda dari lainnya. Lulusan STIE Pemuda dipersiapkan menjadi lulusan yang memiliki tingkat SDM yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Kami memberikan banyak sekali pelatihan, mendatangkan pakar baik dari luar dan dalam kampus. Hal ini bertujuan menuntut mahasiswa memiliki banyak keahlian di luar pendidikan formalnya. Memberikan kesempatan untuk aktif berorganisasi dan mengadakan banyak kegiatan seminar dan kuliah umum untuk lebih membuka wawasan berbisnis dan pengembangan diri. Bergabunglah bersama kami, STIE Pemuda Surabaya, Here, your career and business grow up.
Kuliah di STIE Pemuda Surabaya www.stiepemuda.ac.id juga terkenal dengan kuliah karyawan atau kuliah sambil kerja karena memang menyediakan kelas khusus karyawan yang ingin kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja atau kuliah sore hari atau juga ada kuliah reguler yaitu pagi hari juga kuliah reguler sambil kerja, metode kuliah tatap muka atau kuliah daring / online.
Biaya kuliah murah atau sangat terjangkau apalagi untuk ukuran kampus Surabaya dapat dibilang sangat murah yaitu biaya SPP dapat diangsur per bulan hanya RP. 500.000 (lima ratus ribu rupiah).
Cara mendaftar: Datang langsung di alamat STIE PEMUDA Surabaya, JL. Bung Tomo No. 8 kav. 12 Ngagel Surabaya , telp (031) 502 / WA: 0856 0816 9688
LINK PENDAFTARAN ONLINE STIE Pemuda: http://bit.ly/formpendaftaranstiepemuda
Info lebih lanjut hubungi:
Telepon : (031) 502 999 7/502 999 8
WA : 085 608 169 688
Website : www.stiepemuda.ac.id
Instagram : @stiepemuda.sby ( https://www.instagram.com/stiepemuda.sby/)
Facebook : https://m.facebook.com/stiepemuda.sby/
Pinterest : https://id.pinterest.com/stiepemuda/
[SHARE INFORMASI, STIE PEMUDA School Of Business dengan cara bagikan link https://www.stiepemuda.ac.id/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]
[ Kunjungi, POLINDO INTERNASIONAL Kuliah Cepat Kerja & Wirausaha dengan cara klik link>> https://politeknikindonesia.com/
[Yuk Kepoin juga ASRILOKA WONOSALAM <

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIE PEMUDA