Revitalisasi Pembuatan Soal STIE Pemuda

Revitalisasi Pembuatan Soal STIE Pemuda

Sabtu, 04 November 2023 STIE Pemuda melaksanakan Revitalisasi Pembuatan Soal STIE Pemuda tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu STIE Pemuda. Acara ini mendatangkan seluruh bapak dan ibu dosen dari Program Studi D3 Akuntansi dan S1 Manajemen. Evaluasi ini secara khusus diselengarakan sebagai upaya pembaharuan atau pemutakhiran dari segi pelaksanaan kurikulum di lingkungan STIE Pemuda.

Pelaksanaan kegiatan revitalisasi pembuatan soal di STIE Pemuda oleh lembaga penjamin mutu adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pendidikan tinggi tetap relevan dan berkualitas. Lembaga penjamin mutu berperan dalam memantau dan menilai berbagai aspek kualitas di perguruan tinggi, termasuk proses pembelajaran dan evaluasi. Dalam konteks pembuatan soal ujian, lembaga penjamin mutu dapat mengawasi proses ini dengan berbagai langkah, seperti mengidentifikasi kelemahan dalam soal-soal yang digunakan, mengukur tingkat kesulitan, dan memastikan bahwa soal-soal sesuai dengan standar akademik yang berlaku.

Selanjutnya, lembaga penjamin mutu dapat mengoordinasikan pelatihan dan pengembangan staf pengajar di perguruan tinggi untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang pembuatan soal yang baik. Dengan melakukan revitalisasi pembuatan soal, lembaga penjamin mutu dapat membantu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas evaluasi pendidikan tinggi. Langkah-langkah ini akan memungkinkan perguruan tinggi untuk memenuhi tuntutan standar mutu dan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa serta menciptakan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Penggunaan Metode: Problem Solving

Pelaksanaan kegiatan revitalisasi pembuatan soal STIE Pemuda ini menggunakan metode problem-solving merupakan pendekatan yang proaktif dalam memperbaiki kualitas soal ujian. Metode ini berfokus pada pemecahan masalah yang ada dalam proses pembuatan soal, dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi, validitas, dan kualitas soal ujian. Langkah awal dalam metode problem-solving ini adalah identifikasi permasalahan yang ada dalam soal-soal yang . Ini dapat melibatkan peninjauan terhadap kurikulum, analisis hasil ujian sebelumnya, serta masukan dari pihak.

Selanjutnya, tim yang bertanggung jawab untuk revitalisasi soal akan bekerja sama untuk mengembangkan solusi yang konkret untuk setiap permasalahan. Mereka dapat merancang kembali soal-soal yang tidak relevan, mengganti soal yang ambigu, dan menyusun soal yang lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode problem-solving juga mencakup pengujian terhadap soal-soal baru sebelum digunakan dalam ujian sebenarnya, dengan melibatkan siswa dalam uji coba dan mendengarkan masukan mereka.

Melalui metode problem-solving, pembuat soal akan lebih responsif terhadap perubahan dalam pendidikan dan memastikan bahwa soal-soal ujian mencerminkan tujuan pembelajaran yang aktual dan tuntutan zaman. Ini akan memberikan manfaat positif bagi siswa, guru, dan lembaga pendidikan secara keseluruhan dengan memastikan bahwa evaluasi pengetahuan dan kemampuan siswa adalah yang terbaik.

Revitalisasi ini bisa melibatkan beberapa langkah dan prinsip sebagai berikut:
  1. Evaluasi Kurikulum
  2. Identifikasi Tujuan Pengajaran
  3. Keanekaragaman Soal
  4. Revisi Soal Lama
  5. Pertimbangkan Tingkat Kesulitan
  6. Perhatikan Aspek Kognitif
  7. Konsultasi dengan Guru dan Spesialis
  8. Uji Coba Soal
  9. Pertimbangkan Penggunaan Teknologi
  10. Evaluasi Hasil UTS dan UAS
Harapan pelaksanaan Revitalisasi Pembuatan Soal

Pelaksanaan kegiatan Revitalisasi Pembuatan Soal pada perguruan tinggi menjadi sebuah langkah yang  untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Harapan pertama adalah terciptanya soal-soal ujian yang lebih relevan dan mengukur pemahaman serta keterampilan mahasiswa secara lebih komprehensif. Dengan adanya revitalisasi, segenap civitas akademika mengharapkan perguruan tinggi dapat menghasilkan soal-soal yang lebih kontekstual dan dapat menggambarkan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi pengajaran. Hal ini akan membantu menilai kemampuan mahasiswa secara lebih akurat, memberikan gambaran yang lebih holistik tentang perkembangan belajar mereka.

Selain itu, melalui revitalisasi ini STIE Pemuda mengharapkan dapat merangsang kreativitas dan inovasi dalam proses pembuatan soal. Dengan mendorong para penyusun soal untuk berpikir out-of-the-box, terdapat munculnya pertanyaan-pertanyaan yang lebih menantang namun tetap sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Proses pembuatan soal yang lebih dinamis dan terkini akan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mereka secara lebih mendalam. Melalui langkah ini, diharapkan perguruan tinggi dapat mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang kuat, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang mampu bersaing di dunia profesional.

STIE Pemuda Surabaya selalu membuka peluang bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan menjadi lulusan yang berbeda dari lainnya. Kami memberikan banyak sekali pelatihan, mendatangkan pakar baik dari luar dan dalam kampus. Hal ini bertujuan menuntut mahasiswa memiliki banyak keahlian di luar pendidikan formalnya. Memberikan kesempatan untuk aktif berorganisasi dan mengadakan banyak kegiatan seminar untuk lebih membuka wawasan berbisnis dan pengembangan diri. Bergabunglah bersama kami, STIE Pemuda Surabaya, Here, your career and business grow up.

Info lebih lanjut hubungi:

Telepon                      : (031) 502 999 7/502 999 8

WA 1                           : 0896 7665 6806

WA 2                           : 085 608 169 688

Website                      : www.stiepemuda.ac.id

Instagram                  : @stiepemuda.sby ( https://www.instagram.com/stiepemuda.sby/)

Facebook                   : https://m.facebook.com/stiepemuda.sby/

Pinterest                    : https://id.pinterest.com/stiepemuda/

 

[SHARE INFORMASI, STIE PEMUDA School Of Business dengan cara bagikan link https://www.stiepemuda.ac.id/  ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

[ Kunjungi, POLINDO INTERNASIONAL Kuliah Cepat Kerja & Wirausaha dengan cara klik link>> https://politeknikindonesia.com/

[Yuk Kepoin juga ASRILOKA WONOSALAM <<KLIK tempat outbound terbaik yang ada di wonosalam kabupaten jombang]

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

STIE PEMUDA

Ikuti Akun Kami