TAHUKAH ANDA APA ITU KAMPUS MERDEKA BELAJAR?

Mosi merdeka belajar telah dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2019 lalu. Penerapannya diharapkan dapat dilaksanakan untuk semua level pendidikan formal termasuk pendidikan tinggi dan sekolah tinggi. Harapan dari pemerintah adalah adanya kemandirian dalam belajar dan mengembangkan potensi diri dan sumber daya manusia. Namun tahukan anda apa yang dimaksud dengan merdeka belajar?

Ada banyak hal menjadi fokus tercanangnya kebijakan merdeka belajar. Alasan paling utama adalah pemerintah ingin adanya banyak perkembangan dan kemajuan dalam pendidikan di tanah air. Pemerintah juga ingin lebih menekankan proses pembelajaran pada hasil yang maksimal dari proses persiapan yang singkat namun matang dan mengena. Fokus yang sedang dikembangkan ialah memulai dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan menitikberatkan kompetensi dan SDM siswa yang harus bersaing dengan perkembangan era globalisasi industri. Akhirnya pemerintah berupaya memaksimalkan peran sekolah dan lembaga pendidikan menggelontorkan ratusan triliun APBN untuk pembangunan infrastruktur IT.

Lalu bagaimana penerapan merdeka belajar di lingkungan universitas atau lembaga pendidikan tinggi? Dinamakan kampus merdeka karena pelaksanaannya di wilayah pendidikan tinggi. Pada program pembelajarannya, pendidikan tinggi menerapkan konsep perkuliahan dengan dosen sebagai sumber utama. Hal ini menjadikan mahasiswa menjadi kurang mandiri. Jika yang diharapkan kepada mahasiswa adalah untuk mengembangkan potensi diri, SDM, dan kompetensi secara bebas, maka pemerintah memberikan keleluasaan kepada lembaga untuk dapat mengarahkan mahasiswanya memilih mata kuliah diluar mata kuliah jurusannya. Konsep ini akan menstimulasi mahasiswa untuk belajar diluar mata kuliah wajib dan bisa memperkaya skill yang lain. Selain itu, mahasiswa juga dapat bersosialisasi dengan lingkungan luar kelas selama dua semester. Pada akhirnya, mahasiswa diajak untuk belajar caranya hidup di lingkungan masyarakat yang harapannya akan memberikan kesiapan setelah lulus dari sebuah perguruan tinggi.

Seperti halnya STIE Pemuda, sebagai sekolah tinggi ilmu ekonomi terbaik di Surabaya yang juga mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi persaingan. Tim Bursa Kerja juga selalu menyediakan layanan konsultasi kebutuhan mahasiswa untuk dapat berkarir di masyarakat.

Info lebih lanjut hubungi:

Telepon           : (031) 502 999 7/502 999 8

WA                  : 085 608 169 688 / bit.ly/stiepemuda

Instagram        : @stiepemuda.sby

Website           : www.stiepemuda.ac.id

Bursa Kerja     : @lokerdankursuspolindo

 

Kuliah kelas karyawan di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah sambil kerja di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah karyawan di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah S1 Manajemen di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah D3 Akuntansi di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah biaya murah di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah dengan bursa kerja di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah dengan biaya terjangkau di Surabaya STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar Probolinggo STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar gresik STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar sidoarjo STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar mojokerto STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar Madura STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar Jombang STIE Pemuda, Kuliah kelas karyawan terbaik sekitar Pasuruan STIE Pemuda

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *