PENGEMBANGAN DIRI – Sukses di usia muda merupakan dambaan dari setiap manusia maju di abad 21 ini. Berupaya untuk terus dapat berkembang menjadi lebih baik juga jadi tujuan. Apalagi bisa terus menghasilkan karya yang bisa dinikmati di hari tua kadang juga menjadi target utama. Penghasilan tinggi juga akan menjadi bonus dari semua kerja keras yang dilakukan semasa muda. Akhirnya, menempuh Pendidikan hingga ke jenjang ke lebih tinggi dan bersaing untuk mendapatkan kerja yang layak pun dilakukan. Namun, tanpa disadari terkadang kurangnya efisiensi waktu terhadap rencana pendidikan dan pekerjaan cenderung membuat seseorang kehilangan banyak waktu dalam perencaan. Hal ini menjadi topik yang sering diperbincangkan oleh para praktisi pendidikan saat ini. Pandangan bahwa setelah kuliah akan langsung mendapatkan pekerjaan, ternyata tidak semua orang bisa melakukan itu. Banyaknya Sarjana di segala bidang yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan dan terserap di lapangan pekerjaan yang meraka inginkan. Maka dari itu, perlu dibentuknya perencanaan yang baik untuk masa depan, khususnya di bidang Pendidikan dan Pekerjaan.

Perencanaan Yang Matang

Menjadi seseorang yang sukses dan mapan sebelum umur 35 tahun sudah menjadi tren yang juga didambakan di era milenial ini. Hal itu sebagai pembuktian atas kerja keras yang dilakukan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan anak-anak muda jaman sekarang untuk bisa sukses dalam hal pendidikan dan pekerjaan, antara lain:

Melakukan Freelance atau Wirausaha

Memiliki penghasilan sendiri memang menyenangkan. Apalagi hasil bisnis yang juga datang dari hobi juga bisa menjadi kesenangan tersendiri. Saat ini sudah banyak mahasiswa yang memiliki kerja sambilan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Melakukan perencanaan, produksi dan juga pemasarannya. Bagi mahasiswa jaman now memiliki bisnis sendiri juga akan menjadi starting point untuk bisa lebih menghasilkan. Dengan melakukan bisnis pula, management skill, marketing skill dan skill yang lain jadi terasah. Namun, yang paling penting, tabungan juga makin banyak.

Mengambil Program Magang

Ada banyak hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan saat membaca sebuah CV (Curriculum Vitae) yang salah satunya adalah pengalaman kerja dan magang. Magang merupakan tempat untuk mengasah kemampuan dan keterampilan yang sudah dipelajari. Dari kegiatan magang pula mahasiswa mendapatkan surat referensi kerja. Lebih dari itu, di dalam CV yang diajukan untuk lamaran kerja selanjutnya tertulis bahwa anda memiliki pengalaman yang banyak dan perlu sekali mendapat pertimbangan untuk bekerja di perusahaan yang sedang anda lamar. Bagaimana, menguntungkan bukan? Selain mengasah kemampuan diri begitupun pengalaman juga bertambah.

Kerja Sambil Kuliah

Sebagian besar mahasiswa memilih untuk mengikuti kelas malam atau kelas karyawan. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan kuliah sambil kerja. Selain menjadi tren, kuliah sambil kerja memiliki pertimbangan waktu untuk bisa lulus dan juga memiliki penghasilan. Persaingan kerja yang ketat menjadikan anak muda abad 21 sekarang lebih kritis terhadap perencanaan masa depannya. Dengan kata lain, mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan penghasilan secara bersamaan. Kuliah sambil kerja  dianggap lebih baik karena hal ini merupakan langkah yang efektif dan efisien. Perencanaan yang matang, bukan?

Saat ini STIE Pemuda membuka peluang bagi anak-anak muda untuk bisa kuliah sambil kerja. Bagi Mereka yang ingin memastikan diri mendapatkan pekerjaan setelah lulus atau berwirausaha. Bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki pekerjaan atau berencana mencari pekerjaan dapat mengambil kelas malam atau kelas karyawan. Segera daftarkan diri anda di STIE Pemuda, Disini, Karir dan bisnis anda berkembang! (knw)

I